Tuesday 5 April 2016

Macam - Macam Olahraga Air, Yang Harus Kamu Ketahui



MACAM - MACAM OLAHRAGA AIR YANG HARUS
  KAMU KETAHUI 




Macam-Macam Olahraga Air Serta Penjelasannya



Ada berapa macam olahraga air yang ada di dunia ini? Jawabnya sangat banyak sekali. Namun pada dasarnya olahraga air dibagi kedalam tiga kategori, yakni dalam air, di bawah air dan di atas air. 
Macam-Macam Olahraga Air Kategori Dalam Air


Renang



Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya dada, gaya punggung,  gaya kupu-kupu  dan gaya bebas. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal, dan pemenang semifinal maju ke babak final.
Polo Air

Polo air adalah olahraga air beregu, yang dapat dianggap sebagai kombinasi renang, bola basket,  sepak bola dan gulat. Satu tim bertanding terdiri dari enam pemain dan satu kiper. Tujuan permainan menyerupai sepak bola, yaitu untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya, satu gol dihitung satu poin.
 


Renang Indah
 


Renang Indah atau renang sinkronisasi adalah olahraga yang memadukan unsur-unsur renang, tari dan senam. Olahraga ini dipertandingkan secara tunggal, duet, trio atau beregu. Renang indah memadukan kekuatan dan ketahanan fisik dengan kemampuan menahan napas sewaktu berada di dalam air, nilai artistik, keanggunan dan keluwesan. Berkembang awal tahun 1900-an di Kanada, renang indah adalah olahraga yang didominasi wanita.

Snorkeling

Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa snorkel dan masker selam. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Loncat indah
Ekspresinya itu lho...hahaha....bikin greget..



Loncat indah merupakan perpaduan gerakan akrobatik di udara dan loncatan. Pada dasarnya loncat indah terdiri dari loncatan yang dimulai dari langkah take off atau pantulan take off kemudian masuk ke air. Penggunaan papan loncat adalah kombinasi dari gerakan saat di udara setelah take off dan sebelum masuk ke air.
Macam-Macam Olahraga Air Kategori Di Bawah Air


 Diving
Diving atau bahasa Indonesia menyelam dalam artinya bertahan di bawah Air. Dalam pengertian cabang Olahraga, selam dapat dikategorikan sebagai berikut:

menyelam tanpa alat bantu pernapasan, misalnya Snorkeling dan Freediving
menyelam dengan alat bantu pernapasan, misalnya Scuba Diving dan Surface Supplied Diving 

Freediving 
 
Freediving adalah kegiatan menyelam yang dilakukan tanpa menggunakan alat bantu pernapasan dan tanpa meninggalkan efek apapun pada lingkungan di sekitar dan untuk mencapai hal tersebut maka freediver harus belajar teknik-teknik menahan nafas untuk melakukan penyelaman dalam satu kali tarikan nafas. Saya pun tertarik dengan olahraga ini,dan ingin mempelajari dan mencoba olahraga ini. Orang yang telah mahir freediving bisa menahan napasnya selama 5 menit atau lebih.

Spearfishing
 
Sama Halnya dengan Freediving, Spearfishing adalah kegiatan menyelam tanpa alat bantu pernapasan, tetapi  kegiatan spearfishing tidak hanya menyelam saja tetapi memancing  menggunakan tombak/speargun di bawah laut dan bertujuan untuk mendapatkan ikan yang banyak, walaupun terdengar berbahaya spearfishing ramah lingkungan tidak merusak biota yang ada di laut dan menyenangkan untuk di lakukan (yang penting anda bisa berenang) olahraga ini sangat memacu adrenalin, dan membutuhkan pengeluaran yang cukup besar, karena membutuhkan alat bantu supaya terjamin aman, tapi kalau yang tidak membutuhkan alat bantu yang aman juga diperbolehkan. Alat bantu speaarfishing seperti, yang pastinya speargun, wetsuit, fins, mask, dll. tempat yang bagus untuk melakukan spearfishing di indonesia adalah Bali dan Lombok, kalau di Bali : Nusa Penida, Padang Bai, Uluwatu, Nusa Dua, Amed, Sanur, Lovina. Sedangkan di Lombok : Gili Trawagan, hanya itu yang saya tahu. Intinya Spearfishing adalah Olahraga yang paling memacu adrenalin (bagi saya).

Macam-Macam Olahraga Air Kategori Di Atas Air
 
Kano

Kano adalah sebuah perahu kecil dan sempit, yang biasanya digerakkan dengan tenaga manusia, tapi juga lazim diberi layar. Kano biasanya lancip pada kedua ujungnya dan terbuka di bagian atasnya. namun bagian ini dapat diberi tutup. Perahu kano bisa di isi 1 orang atau 2 orang tergantung ukuran kano nya.

Memancing

Memancing secara luas adalah suatu kegiatan menangkap ikan yang bisa merupakan hobi, pekerjaan, olahraga luar ruang (outdoor) atau kegiatan di pinggir atau di tengah laut, sungai, danau dan perairan lainnya dengan target seekor ikan. Atau bisa juga sebagai kegiatan menangkap ikan atau hewan air tanpa alat atau dengan menggunakan sebuah alat oleh seorang atau beberapa pemancing.

Kayak

Sama halnya dengan kano,Kayak adalah sebuah perahu kecil bertenaga manusia, biasanya dengan bagian depan dan belakang tertutup, sehingga hanya menyisakan lubang seukuran awak. Kayak dilengkapi dengan dayung berkepala tunggal atau ganda.

Paralayar

Paralayar adalah kegiatan rekreasi sewaktu seseorang melayang ke udara dengan menggunakan parasut khusus dengan ditarik oleh suatu kendaraan (biasanya kapal). Sewaktu kendaraan melaju, orang tersebut akan terangkat ke udara. Bahkan, jika kendaraan tersebut cukup kuat, dua atau tiga orang dapat ditarik dan diangkat ke udara sekaligus. Meskipun awalnya dimulai sebagai olahraga air, kegiatan yang sepintas mirip dengan paralayang ini kini mulai juga dilakukan di darat dengan ditarik oleh kendaraan darat. 
Surfing 
ini peselancar yang sudah sangat mahir dan mampu mengendalikan ombak yang tinggi.., bagi yang belum mahir jangan coba-coba untuk mengendalikan ombak yang tinggi. Berbahaya!!

Surfing/Selancar merupakan sebuah olahraga yang biasanya berlangsung di atas ombak yang tinggi. tetapi bagi pemula biasanya ombak yang tidak terlalu tinggi, Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan papan surfing/surfboard sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Adrenalin akan terpacu karena tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan. Mirip rodeo, tetapi pada Olahraga ini peselancar menunggangi ombak liar. kalau di Indonesia tempat yang untuk Surfing, pemula maupun yang sudah advanced adalah di Bali yaitu di pantai Kuta, Uluwatu, Padang-padang, DLL.




HANYA INILAH YANG SAYA BISA SAMPAIKAN TENTANG MACAM-MACAM OLAHRAGA AIR, SEMOGA BERMANFAAT....., DAN TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG SAYA,SALAM KENAL


(NP: MAAF BILA ADA KESALAHAN KATA, DAN MOHON UNTUK DIMAAFKAN)

  

4 comments:

  1. Sudah cukup lengkap nih daftarnya...

    ReplyDelete
  2. Tapi kalo bisa, tambahin lagi nih, macam-macam cabang olahraga airnya. Thanks...

    ReplyDelete


  3. Terima kasih atas artikelnya
    eh, ada yang mau bikin wahana air, kolam renang atau seluncuran ga?
    hubungi aja
    Kontraktor waterboom

    profesional banget deh pokoknya

    terimakasaih

    ReplyDelete
  4. haha, goblog. gk ndidik sama sekali.

    ReplyDelete